IKLAN ILMUKU

Koleksi Email|koleksi Alamat Perusahaan|Bisnis Tampah Meningalkan Profesi|Antivirus Premium Terbaru|Sofware Portable|Ebook Seo|Ebook Indonesia|Buat Web Sendiri|Tutorial Komputer|Tukeran Link|Belajar HTML|Fakta Unik|Game Pc|Game Portable|Teknik Seo

Minggu, 21 Maret 2010

PENGANTAR WEB DESIGN

PENGANTAR WEB DESIGN

Dalam dunia maya (internet) kita mengenal beberapa istilah tentang web, www, website, web pages, dan homepage. Bagi orang awan, istilah tersebut bisa saja diartikan sama. Ada sebagian masyakat

kita mencantumkan alamat lengkap dengan imbuhan, misalnya homepage: www.toolkits.com atau website:
www.desain2u.com atau alamat situs: www.entahkenapa.com dan lain-lain.

Memang, sah-sah saja mencantumkan beberapa kalimat tersebut karena memang intinya sama yaitu mencantumkan alamat situs yang dapat dikunjungi. Untuk mengetahui arti yang sebenarnya, di
bawah ini terdapat sedikit ulasan beberapa istilah dalam internet yang sering ditemui.

www (Word Wide Web) : merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama-sama.

Web adalah adalah fasilitas hypertext yang mampu menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan multimedia lainnya, di mana di antara data-data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk memudahkan dalam membaca data tersebut diperlukan sebuah web browser seperti Internet
Explorer, Netscape, Opera, maupun Mozilla Firefox

Website (situs web) : merupakan tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu. Diibaratkan web site ini seperti buku yang berisi topik tertentu.
Web Pages (halaman web) : merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini seperti halaman khusus dari buku.
Homepage : merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.

Mendesain web bukan merupakan pekerjaan yang berat dan bukan merupakan pekerjaan yang ringan. Apa maksudnya? Merancang web bukanlah pekerjaan yang berat artinya siapapun bisa menguasai dan membuatnya asalkan memiliki kemauan untuk belajar. Namun merancang web (web design) bukanlah pekerjaan yang ringan artinya tidak semua orang memiliki kemampuan yang luas tentang beberapa aspek yang harus diketahui agar tampilan web menarik sehingga banyak pengunjung yang datang.

Sebagai contoh, ketika kita membuat sebuah homepage (halaman utama web) sangat lama proses aksesnya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Itu semua diakibatkan tidak adanya ketentuan besarnya file halaman utama tersebut. Agar halaman web kita mudah diakses oleh para pengunjung tentunya harus memiliki pengetahuan dalam mendesain sebuah web.

Buku ini sengaja disusun untuk memandu para web designer pemula agar menghasilkan sebuah website yang inovatif dan kreatif secara profesional. Ulasan dalam buku ini menyangkut masalah teknik pembuatan interface (halaman muka) sebuah website menggunakan Adobe Photoshop kemudian diolah menggunakan Macromedia Dreamweaver. Selanjutnya, dipercantik dengan tambahan animasi yang dibuat menggunakan Macromedia Flash.

Jadi kita menggunakan 3 tools untuk membuat situs yang inovatif dan kreatif secara profesional. Dalam buku ini tidak lagi membahas secara teoritis tentang penggunaan masing-masing tools namun langsung pada
permasalahan yang sering dijumpai ketika akan membuat sebuah situs.

TIPS MEMBUAT WEBSITE PROFESIONAL

Terdapat beberapa point penting ketika membuat sebuah website yang profesional.

1. Homepage (halaman utama) situs Anda harus dapat diakses

maksimal 8 detik atau dapat diakses melalui koneksi jaringan internet minimal 28,8 kbps. Apabila proses koneksi membutuhkan waktu yang sangat lama, hal ini akan berpotensi hilangnya customer (pengunjung) yang tidak “betah” menunggu terlalu lama. Akhirnya situs kita tidak akan dikunjungi olah para “calon customer”.

2. Pastikan menyertakan META Tag pada masing-masing halaman

website Anda. META Tag adalah kode yang memungkinkan search engine (mesin pencari seperti: Google) untuk menentukan kata kunci yang relevan dari website Anda.

3. Pilihlah warna latar belakang (background) yang sesua 
jangan menggunakan warna yang mempengaruhi teks untuk dibaca.Warna situs menjadi sebuah ekspresi hati Anda. Warna orange melambangkan keceriaan sedangkan warna ungu atau hitam melambangkan kesuraman. Untuk itu pilihlah warna yang sesuai untuk situs Anda berdasarkan isi yang terkandung dalam situs
tersebut.

4. Gunakan animasi seperlunya
jangan terlalu berlebihan karena dapat mempengaruhi konsentrasi pengguna ketika sedang membaca informasi. Selain itu, animasi juga dapat menghambat akses ke halaman situs Anda. Sebuah animasi yang bagus bukan menjadi jaminan bahwa situs Anda menarik perhatian pengunjung.

5. Halaman Utama situs harus lebih spesifik agar para pengunjung

dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, jika situs Anda merupakan sebuah lembaga konsultasi maka sebaiknya jasa-jasa konsultasi yang ditawarkan ditampilkan di halaman utama. Jangan sampai pengunjung merasa bingung dengan keberadaan situs Anda yang tidak jelas produk yang ditawarkan.

6. Hindari pemasangan iklan (banner) di bagian atas website

Anda. Batasi jumlah banner yang akan ditayangkan, maksimal 2 dan idealnya cukup 1 banner. Semakin banyak jumlah banner, semakin lama proses akses dan akan sangat mengganggu konsentrasi pengguna ketika mengunjungi situs Anda.

7. Periksa ejaan yang salah dan pastikan gambar dan link terhubung dengan baik sebelum ditampilkan secara on-line. Kesalahan dalam mengetikkan alamat url mengakibatkan halaman tersebut akan “ERROR”. Jika sebuah situs terdapat salah satu atau beberapa halaman yang error menjadikan situs tersebut nampak tidak profesional.

8. Lengkapilah website Anda dengan tombol navigasi yang mudah

dan tersusun dengan rapi pada bagian atas, bawah, kiri, maupun kanan. Jika menggunakan tombol dalam bentuk gambar, perlu diingat bahwa kemungkinan proses akses lebih lama. Mengapa? Karena gambar memiliki ukuran yang cukup besar, dan seperti kita ketahui. Sebuah halaman situs maksimal berukuran tidak lebih dari 100kb.

9. Jika terpaksa harus menggunakan Frame, gunakan secara tepat. Pada dasarnya, penggunaan Frame dalam sebuah situs akan berkesan tidak profesional. Hindari halaman yang memerlukan “scroll”, ini mengakibatkan pengujung kurang nyaman untuk mencari informasi sehingga akan cepat-cepat “kabur” dari situs Anda.

10. Perhitungkan jumlah klik yang dibutuhkan untuk pindah dari

halaman satu ke lainnya. Jika terlalu banyak klik akan sangat membosankan bagi pengunjung. Anda bisa menerapkan sistem navigasi yang lebih nyaman dengan menyertakan logo pada setiap halamannya.

11. Jika menggunakan “JAVA” pada website 
Anda gunakan secara tepat. Tawarkan “Java” atau “No Java” kepada pengunjung karena dapat mempengaruhi kinerja masing-masing browser. Hindari adanya iklan “pop up” yang akan membuat pengunjung menjadi bosan.
12. Jangan menambahkan “autoplay” 
suara ketika seseorang mengunjungi situs Anda. Sebaiknya tawarkan, apakah menggunakan intro beserta audio (suara) ataukah langsung ke halaman utama.

13. Periksa website Anda dengan beberapa jenis browser karena

masing-masing browser memiliki kemampuan yang berbeda.

PRINSIP DALAM MENDESAIN WEBSITE

Ketika Anda mulai memikirkan merancang sebuah website, Anda perlu memikirkan bagaimana pemilihan warna yang tepat sehingga akan memberikan penilaian tersendiri kepada pengunjung tentang website yang Anda buat dan bagaimana rancangan tata letak (design layout) dapat membantu “mendesain secara kerja sama” dalam sebuah tim.

Disain yang bagus hampir tidak kelihatan, namun jika disainnya jelek maka akan memberikan dampak yang luar biasa. Jika disain website Anda dirancang bagus dan tata letak informasi juga membantu para pengunjung mudah menggunakan website tersebut, pengunjung pasti akan kembali menjelajah website Anda. Namun
jika Anda tidak berpikir bagaimana mendisain dan memilih warna yang baik maka akan memberikan dampak kepada pengguna/pengunjung tersebut. Jika hal ini terjadi, jangan harap pengunjung/pengguna akan kembali lagi mengunjungi situs Anda.

 SOFTWARE DISAIN GRAFIS

Dalam merancang sebuah website, kita tidak bisa lepas dari perangkat lunak untuk mengolah gambar (image) sebagai bagian dari website. Ada beberapa alat disain grafis yang dapat digunakan untuk membantu dalam membuat website yang cantik, diantaranya:

- Adobe Photoshop (http://www.adobe.com) : software ini
sangat populer dan dapat diandalkan untuk membuat dan
mengedit grafik maupun gambar fotografi.

- Adobe Illustrator (http://www.adobe.com) : software ini
digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor dan
dapat digunakan untuk membuat ilustrasi.

- PaintShop Pro (http://www.jasc.com) : software ini sama
dengan Adobe Photoshop, sedikit lebih canggih namun
masih kalah populer dibandingkan Adobe Photoshop.

- Macromedia Fireworks (http://www.macromedia.com) :
software ini sangat mirip dengan Adobe Photoshop, namun
tool ini berbasis vektor. Software ini mengijinkan semua
elemen dapat diedit kembali dan dapat berintegrasi dengan
Macromedia Dreamweaver.

- Macromedia Flash (http://www.macromedia.com) :
software ini dapat digunakan untuk membuat animasi dan
berbasis vektor untuk website.

FORMAT GRAFIS

Grafik/gambar dalam sebuah website dapat memberikan efek visual yang luar biasa terhadap website tersebut, namun bisa menambah waktu koneksi akibat banyaknya gambar yang ditampilkan. Grafik
dalam website dapat berupa statik, animasi, dan fotografi. Agar koneksi ke website kita lebih cepat, perlu memahami beberapa format file yang sering digunakan pada sebuah website, diantaranya:

- GIF : memiliki warna 8-bit, mendukung dalam bentuk
transparan, mengkompresi area warna secara solid,
mereduksi jumlah warna dan menjalin untuk proses
download secara cepat, juga dapat digunakan untuk
membuat animasi dalam bentuk grafik (animated graphic).

- JPG : memiliki warna 24-bit,menjaga kualitas brightness dan
hue yang ditemukan dalam sebuah foto, dapat disimpan
dalam format berkualits tinggi maupun rendan (high or low
resolution), sebuah file jpg dapat pula digunakan versi
resolusi rendah (low resolution) dari gambar yang nampak
ketika gambar sedang didownload, tidak mendukung
transparansi.

- PNG : PNG-8 mendukung warna 8 bit, mengkompres area
warna yang pekat, menjaga detail ketajaman, mendukung
transparansi, kompresi lebih canggih dibandingkan gif
karena dapat mengkompresi sekitar 10-30% lebih kecil dari
format GIF.

Setelah melihat perbandingan beberapa format file grafis untuk web, Anda dapat menentukan format apa yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Pada prinsipnya, semua format file tersebut dapat dijadikan panduan dalam memilih format file yang tepat. Ada beberapa bahan pertimbangan ketika memilih salah satu dari beberapa format file tersebut, diantaranya:

- Usahakan ukuran file seminimal mungkin
- Selalu gunakan mode warna RGB
- Gunakan web pallete (216 web-safe colour)

Jika Anda memilih format file GIF : simpan sedikit warna jika perlu, simpanlah sebagai interlaced .gif, buatlah latar belakang transparan berwarna. Jika Anda memilih format file JPG : pilih kualitas yang paling kecil jika perlu, simpan sebagai progresive.

Ini Yang anda Cari 

Belajar PHP,Cara Membuat website,Belajar HTML,MySQ
Bikin Web Sendiri
Rekor binatang tertua didunia
10 kopi termahal di dunia ,kopi indonesia no 1
Orang-Orang Yang Selamat Ketika Jatuh Ribuan Kaki
Mau Tau 250 fakta unik yang ?????
Get to the Top on Google Tips and techniques Book
Unlocking Google’s Hidden Potential ebook
Always Be Testing THE COMPLETE GUIDE TO GOOGLE WEB
Directory Submission Secrets Book
Google Snatch The Free Click Formula ebook
SEO Secrets ebook
SEO An Hour A Day ebook
Website Optimization – OREILLY
10 Easy Steps To A Google Friendly Page ebook
Babylon Pro 8.0.5 (r5) + Portable
MY SEO e-GUIDE ebook
Fakta Unik: Internet
Fakta Unik: Bertani dan Beternak
Fakta Unik: Kota-Kota Dunia

0 komentar:

BAGI - BAGI PENGETAHUAN

Followers

Site Info

BAGI - BAGI PENGETAHUAN Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts